Elektabilitas mencapai 68,8 %, Edy Endy berpeluang besar menangkan Pilkada Mabar 2024

Labuan Bajo, Savanaparadise.com,-  Charta Politika merilis hasil survei Pilkada Manggarai Barat 2024 yang menggambarkan peluang besar bagi kemenangan Edistasius Endi. Survei yang dilaksanakan pada Mei 2024 itu menunjukkan elektabilitas yang signifikan bagi Bakal Calon Bupati dari Partai NasDem itu, yaitu dari 50,5 % sampai 68,8 %, dengan tingkat kesukaan yang juga tinggi, 86 ℅ dari 92 % tingkat pengenalan.

Capaian elektabilitas Bupati Manggarai Barat itu jauh melampaui bakal calon lainya, antara lain Mario Pranda, Yulius Weng, Gusty Arifin, dan Bernardus Barat Daya.

Bacaan Lainnya

Mario Pranda, Bakal Calon Bupati dari Partai Demokrat, yang berada pada posisi kedua pun, elektabilitasnya hanya bergerak dari 22,8 % sampai 36,3 %, dangan tingkat kesukaan 98% dari 78% tingkat pengenalan.

Bahkan, ketika simulasi 2 bakal calon, head to head, antara Edy Endi dan Maria Pranda, elektabilitas Edy Endi mencapai 57,3 % meninggailan Mario Pranda di angka 32,0 %, dengan hanya 10, 8 undicided voters.

Kendati hasil survei ini masih sangat awal, namun dengan kemantapan pemilih yang memilih Edy Endi mencapai 67 %, jauh dibanding Mario Pranda yang hanya mencapai 44 %, maka semakin memantapkan posisi Edy Endy menuju kursi Bupati Manggarai Barat Periode kedua.

Posisi itu diperkuat dengan Bakal Calon Wakil Bupati yang sudah pasti mendampinginya, yaitu dr. Yulius Weng, yang memiliki tingkat elektabilitas sebagai Bakal Calon Bupati Manggarai Barat mencapai 55,5%, dengan tingkat kesukaan mencapai 84 % dari 97 % tingkat pengenalan.

Edy-Weng, malalui pemetaan awal berbasiskan hasil survei Charta Politika ini, memastikan langkah menuju kemenangan Jilid 2 Kepala Daerah Manggarai Barat.

Menanggapi hasil survey tersebut, Ketua Bappilu DPW Nasdem NTT, Aleks Ofong mengatakan Elektabilitas Edy-Weng tidak diragukan, dan cenderung meningkat, karena tingkat kepuasan atas pemerintahan Edi-Weng juga sangat tinggi.

” Manggarai Barat dengan dinamika kemajuan sekarang ini, apalagi Labuan Bajo sebagai Destinasi Wisata Premium, butuh pemimpin dengan karakter kuat dan kekompakan yang baik, seperti Edy-Weng,” ujar Ketua Fraksi Nasdem DPRD NTT ini.(SP)

Pos terkait