DPC PDIP Sumba Tengah Gelar Vaksinasi Masal

Pelaksanaan vaksinasi masal oleh DPC PDIP Sumba tengah di Wendewa Utara, Kecamatan Mamboro (foto : Umbu Sorung/Savana paradise.com)

Waibakul, Savanaparadise.com,- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Sumba Tengah bersama Pengurus Anak Cabang (PAC) kembali sukses menggelar program vaksinasi massal yang digelar di Mananga Desa Wendewa Utara Kecamatan Mamboro, Kabupaten Sumba Tengah (18/2/2022).

Kegiatan vaksin massal ini digelar dalam rangka membantu pemerintah untuk mempercepat Herd Imunity masyarakat Desa Wendewa Utara bagi yang belum mendapat Vaksin Dosis 1 dan dosis 2.

Bacaan Lainnya

Ketua DPC PDI Perjuangan Sumba Tengah Drs Umbu S. Pateduk mengatakan, vaksin dosis pertama dan dosis kedua ini diberikan untuk warga Kabupaten Sumba Tengah terkhusus di Kecamatan Mamboro hari ini, Sebanyak 500 vaksin sinovac dan Astra.

“Masyarakat sangat antusias sekali untuk mengikuti vaksinasi ini. Terbukti dengan saat pendaftaran dibuka, masyarakat langsung banyak yang mendaftar,” jelas Umbu Bintang, sapaan akrab Umbu S. Pateduk.

Ia menambahkan kegiatan vaksinasi gratis ini dilakukan karena bentuk kepedulian PDI Perjuangan terhadap kesehatan masyarakat untuk melawan virus Covid-19, dan program vaksin ini sebagai wujud nyata bahwa PDI Perjuangan hadir ditengah-tengah masyarakat.

“Percepatan vaksinasi ini juga dalam rangka untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok agar penyebaran Covid-19 bisa kita hambat, dan juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam pemulihan ekonomi pasca krisis pandemi Covid-19,” ungkap Umbu bintang

Ditempat yang sama Anggota Dewan dari PDI Perjuangan Bakar jerimani menambahkan kegiatan vaksin ini di wendewa Utara terlaksana berkat kerjasama dengan Dinas Kesehatan Sumba Tengah dalam hal ini Puskesmas mananga Kecamatan Mamboro yang menurunkan 15 tenaga kesehatan.

“Pelaksanaannya berjalan dengan baik, dan tentu sesuai SOP yang ada, juga tetap melaksanakan protokol kesehatan” kata Jerimani.

“Terimakasih juga untuk Dinas Kesehatan dalam hal ini Kepala Puskesmas Mananga, Dokter, dan petugas yang sudah membantu, dan lebih khusus Kepala Desa Wendewa Utara ‘Kades Umar Husein’atas kerja sama yang baik karena sudah melakukan pendekatan kepada masyarakat yang belum mendapat vaksin baik dosis 1 dan 2 sehingga warga antusias ikut Vaksin hari ini”, lanjutnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumba Tengah dapil III Kecamatan Mamboro ini pun berharap program vaksinasi ini dapat memacu partai dan stake holder lain untuk menggelar aksi yang sama,di titik-titik lokasi lainnya dalam rangka meningkatkan kepedulian akan kesehatan masyarakat Indonesia terkhusus di sumba tengah dan lebih khusus bagi warga yang belum mendapat vaksin dosis 1 dan 2.

“Kita semua harus gotong royong membantu pemerintah untuk berperang melawan Covid-19, untuk kabupaten Sumba tengah yang sehat,” ajak Bakar Jerimani.

Dirinya berharap dapat mempercepat terbentuknya kekebalan komunal untuk memutus penyebaran Covid-19 dan melihat Antusiasme warga pada vaksinasi ini begitu besar, ia berharap ada penambahan Kuota kedepan dan di prioritaskan kepada Anak didik.

Sementara itu, Kepala Desa Wendewa Utara ‘Umar husein’ menyampaikan banyak terima kasih kepada PDI perjuangan dan dinkes lewat puskesmas Mananga atas kerjasama yang baik sehingga vaksinasi ini terlaksana.

Ia juga berharap agar kerja sama ini dapat terus terjalin.

“Pada Kesempatan ini karena kebetulan ada Ketua DPC. PDI perjuangan, Kader PDI Perjuangan dan Dua Orang Anggota DPRD kabupaten dari fraksi PDI Perjuangan mungkin bisa membantu Menyampaikan ke DPR RI, Bpk Yohanis Fransiskus Lema S.Ip Komisi yang membidangi Pertanian dan Perikananan untuk membantu para nelayan di wendewa Utara kecamatan Mamboro, apalagi Desa wendewa utara berada di pinggir pantai dan mata pencaharian warga disini Nelayan dan penghasil garam” ungkap kepala Desa Umar husein.

“Selama ini bapak Ansy lema telah banyak membantu masyarakat Sumba, lebih khusus kabupaten Sumba tengah berupa alsinta dan kalau boleh bisa membantu kami di Desa Wendewa Utara,Alat pemasak Garam Sederhana untuk mendukung kegiatan Nelayan Di pantai Utara Mamboro”Tambahnya.

Dokter Rian, salah satu petugas kesehatan yang memberi vaksin kepada warga menyampaikan, jumlah yang susah mendapat Vaksinasi di Desa Wendewa Utara sebanyak 302 warga.

Penulis :Umbu Sorung
Editor :Yuven Abi

Pos terkait