Fransisco Lopez Kunjungi KBRI di Jerman, Perkenalkan Produk UMKM, Wisata hingga Undang Investor Masuk ke NTT 

KUPANG, Savanaparadise.com- Wakil Ketua Bidang Pariwisata dan Industri Kreatif DPW NasDem NTT, Fransisco Lopez mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin, Jerman pada Rabu (16/10/2024).

Fransisco Lopez atau yang biasa disapa Randy ini, tiba di KBRI Jerman diterima oleh Fajar Wirawan selaku Deputy Chief of Mission KBRI Berlin dan Andri Nugroho selaku Koordinator Bidang Ekonomi KBRI Berlin.

Usai diterima secara resmi dari pihak KBRI di Jerman, Randy mengalungkan Kain Tenun NTT kepada pihak KBRI sebagai suatu penghormatan atau Diplomasi Kain Tenun.

Ia juga membawa Produk UMKM NTT yang beberapa di antaranya ialah ENT handicraft, Timor Moringa, Coklat Ghaura , La Moringa dll.

Kunjungan Randy ini, dalam rangka untuk memperkenalkan produk Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Jumat (18/10/2024), Randy mengatakan dalam kunjungan tersebut, selain memperkenalkan produk UMKM di NTT, juga mempromosikan wisata yang ada di NTT.

Selain memperkenalkan Produk UMKM dan mempromosikan wisata di NTT, Randy juga mengundang investor Jerman untuk masuk ke NTT.

“Kedatangan saya di KBRI Jerman yaitu untuk memperkenalkan Produk UMKM NTT, mempromosikan Wisata di NTT, serta mengundang investor Jerman masuk ke NTT,” kata Randy.

Melalui Asosiasi Pengusaha di Jerman DIHK (Deutscher Industrie- und Handelskammertag), kata Randy, telah menyatakan siap berkolaborasi dengan Local Partner di NTT.

Randy mengatakan, pihak KBRI menyambut baik hal ini, dan menyampaikan bahwa di Jerman sedang membutuhkan banyak tenaga kerja.

Tenaga kerja yang dibutuhkan ialah dibidang perawat dan teknik elektro dan KBRI siap membantu anak-anak dari NTT untuk dapat bekerja di Jerman.

“Potensi UMKM NTT sangat diterima oleh pasar di jerman, terutama Kopi, Kelor, Cokelat dan Kain Tenun NTT,. Wisatawan asal jerman juga sudah mulai mengenal  Pariwisata di NTT, dan yang terpenting lagi orang2 jerman sangat kagum dengan skill yang dimiliki oleh2 orang2 indonesia terutama bidang elektro dan perawat, ini menjadi berita baik untuk anak2 NTT mempersiapkan diri dan akan kita bantu sampai bekerja di jerman”.

Deputy Chief of Mission KBRI Berlin, Fajar Wirawan sangat mengapresiasi atas kunjungan Fransisco Lopez itu.

“Kita sangat mengapresiasi kunjungan ini dan berharap ada tindak lanjut kedepannya,” ungkapnya.

“Dari KBRI kita siap membantu dan kita percaya anak-anak NTT juga mampu untuk bekerja di jerman dan siap membantu promosi UMKM dan pariwisata NTT,” tambahnya.***

Pos terkait