Site icon savanaparadise.com

Polres Ende Apel Gelar Pasukan OPS Ketupat Ranakah 2021

Ende, Savanaparadise.com,- Kepolisian Resort (Polres) Ende melaksanakan apel gelar pasukan OPS ketupat ranakah 2021. Apel tersebut bertempat di halaman Mako Polres Ende, Rabu, (5/5/2021), pukul 16.00. Hadir dalam apel gelar pasukan yakni, Kapolres Ende, Waka Polres Ende, Ketua PN Ende, Kepala Kejaksaan Negeri Ende, Dandim 1602 Ende, Dan Subden Pom TNI AD Ende, Dan Pos TNI AL Ende, Danki 3 Batalyon B Ende, Kadis Perhubungan Kab. Ende, Kasat Polpp Kab. Ende, Kaban Kesbangpolinmas Kab Ende dan Parah Perwira Polres Ende.

Sedangkan yang bertindak selaku Inspektur Apel adalah Bupati Ende Drs.H.Djafar H. Ahmad M.M, Perwira Apel Kabag Ops Polres Ende Akp I Wayan Oka Deswanta,S.E dan Komandan Apel Kasikeu Polres Ende Ipda Gede Wisna,S.H dengan susunan perserta apel sbb :
– 1 SSR Sub Den Pom Ende
– 1 pleton Kodim 1602 Ende
– 1 pleton Yonif Kompi 743 Ende
– 1 pleton Brimob Sub Den B Pelopor Ende
– 1 pleton Dalmas Polres Ende.
– 1 pleton Satlantas Polres Ende
– 1 pleton Gab. Intel,Reskrim,Narkoba Polres Ende
– 1 pleton Satpolair Polres Ende
– 1 pleton Gab. Staf Polres Ende
– 1 pleton Satpol-PP Kab. Ende
– 1 pleton Dishub Ende
– 1 pleton Senkom Kab. Ende

Adapun amanat Kapolri yang dibacakan oleh Inspektur Apel sebagai berikut :
– Pada hari ini kita melaksanakan apel gelar pasukan di masa pandemi covid 19 sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2021 dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri 1442 H 2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainnya.

– Tahun 2021 Pemerintah memutuskan melarang kegiatan mudik bagi seluruh masyarakat pada tanggal 06 Mei sampai dengan 17 Mei 2021, ini adalah tahun ke II dimana pemerintah telah mengambil kebijakan untuk melarang warga masyarakat melakukan perjalanan mudik pada libur hari raya idul fitri, karna situasi pandemi covid 19. Kita menyadari larangan pemudik ni tidak serta merta di patuhi masyarakat sehingga potensi pergerakan orang untuk melakukan perjalanan mudik masi cukup tinggi

– Untuk menghadapi tugas mulia dalam rangka pengamanan idul fitri tahun 2021, maka pada kesempatan apel gelar pasukan operasi terpusat ketupat 2021 ini ada beberapa hal yang perlu di tekankan sebagai berikut :
1) Siapkan mental fisik saudara yang dilandasi oleh komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

2) Lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan peran fungsi intelijen dan babinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat sehingga dapat diantisipasi sedini mungkin.

3) Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksiteror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum ramadhan dan idul fitri 1442 H.

4) Gelar kekuatan polri pada pos pos pengamanan dan pelayanan serta di titik titik rawan kriminalitas, titik titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

5) Utamakan keselamatan anggota yang bertugas di lapangan dengan mencermati perkembangan situasi saat ini.

6) Waspadai maraknya aksi tawuran antar warga, sweeping atau razia tempat hiburan oleh kelompok masyarakat serta berbagai bentuk gangguan kamtibmas lainnya.

7) Cegah aksinya balap liar, kebut kebutan, pengendara motor yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas.

8) Gandeng tokoh agama dan stakeholder terkait lainnya untuk sosialisasikan secara masif agar masyarakat tidak melaksanakan takbir keliling.

9) Cegah masyarakat tidak bermain petasan maupun kembang api yang membahayakan keselamatan jiwa pada saat idul fitri 1442 H 2021.

10) Kordinasi dengan satgas covid 19 dan stakeholder terkait lainnya untuk lakukan pengawasan terhadap tempat tempat wisata agar membatasi jumlah pengunjung.

11) Satgas pangan agar betul betul memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan pokok.

12) Laksanakan penegakan hukum secara profesional seta bertindak secara tegas namun humanis setiap kepada pelanggar gangguan kamtibmas maupun kamseltibcar lantas.

13) Kerja sama yang harmonis dan sinergis dengan seluruh instansi dan segenap potensi masyarakat.

5. Kegiatan apel gelar pasukan berakhir pukul 16.45 wita. Situasi berjalan dengan aman dan lancar. (SP/Humas Polres Ende)

Exit mobile version