Site icon savanaparadise.com

Ribuan Umat Katolik di Ende Ziarah Bersama di Pantai Wisata Rohani Magekusi

Orang Muda Katolik (OMK) dari 12 Kuasi dan Paroki sedang pertemuan internal usai perayaan ekaristi kudus penutupan bulan Maria (Foto: Chen Rasi/Savanaparadise.com)

Ende, Savanaparadise.com,- Ribuan Umat Katolik se-Paroki Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Ende ziarah bersama di pantai wisata rohani Magekusi, Desa Nuanaga, Kecamatan Kotabaru.

Ziara bersama ini dalam rangkah penutupan bulan Maria. Tema yang diusung dalam ziarah bersama kali ini adalah ” Melalui Maria Kasih Allah Terwujud”. Hadir dalam ziarah ini sebanyak 12 Kuasi dan Paroki Semuara (Mutiara Utara) sekevikepan Ende.

Kegiatan ini diawali dengan perayaan Liturgi Ekaristi, lalu dilanjutkan dengan pentas kesenian yang dibawakan oleh umat dari 12 kuasi dan paroki yang hadir dalam ziarah tersebut.

Turut membawakan antraksi kesenian yakni dari sesama saudara dari muslim yang tergabung dalam kelompok Kasidah sebagai wujud keberagaman dan kerjasama antar umat beragama.

“Ziarah bersama ini memang sudah dirancang oleh kami para pastor se-pantura untuk berkunjung ke setiap paroki se-Pantura (ziarah bersama-red) dalam rangkah penutupan bulan Maria untuk setiap tahunnya dan paroki Ndondo adalah paroki pertama yang menerimanya”, jelas pastor paroki St. Fransiskus Xaverius Ndondo, Pater Dominikus Sibagariang, OFM. cap saat ditemui media ini usai kegiatan, Rabu (31/05/23).

Pater Dominikus menambahkan yang hadir pada kesempatan ini selain umat, adapula dari kelompok kategorial seperti, St. Anna, OFS, Legio Maria, dan OMK.

Menurutnya selain ziarah bersama dalam rangkah penutupan bulan Maria, kegiatan ini juga dalam rangkah memperkenalkan kepada umat yang hadir tentang pantai wisata rohani magekusi dan perkenalan pantai wisata rohani ini dilakukan dengan cara yakni, membagikan brosur tentang pantai wisata rohani magekusi dan bajo kaos yang kita adakan lewat kerjasama dengan Bank NTT.

“Dan itu sudah kita bagikan kepada seluruh umat. Harapan kita kedepan agar umat-umat yang hadir pada hari bisa datang kembali ke tempat ini untuk refreresing sekaligus ziarah iman”, tandas penggagas dan pendiri pantai wisata rohani Magekusi ini.

Kebanyakan umat dari kuasi dan paroki yang mengikuti ziarah bersama mengagumi keindahan alam pantai wisata rohani magekusi. Ada yang sampai menyebutkan pantai wisata rohani Magekusi adalah mutiara yang tersembunyi di wilayah utara Kabupaten Ende.

Siapapun yang berada di tempat ini hatinya akan terasa damai dan tenang kerena jauh dari keramaian dan pantai yang begitu eksotik mampu menghipnotis setiap pengunjung yang berkunjung ke tempat ini.

Pantauan media ini, usai mengikuti perayaan ekaristi kudus, ada sebagian umat mulai mengabadikan momen itu dengan berselfie ria bersama sahabat, kenalan, ataupun keluarga.

Adapula sebagian umat yang menyempatkan diri untuk berdoa di Gua Maria Stelamaris yang berdiri anggun menghadap ke laut. Dan anak-anak melengkapi ziarah bersama dengan bermain-main di bibir pantai serta ada yang menceburkan diri kelaut, maklum ombak di pantai wisata rohani Magekusi teduh dan tenang.

Salah satu orang muda dari Ndondo, Yohanes Kunu mengatakan ada dua manfat dari kegiatan ziarah bersama ini, pertama bangun iman umat dan yang kedua ajang promosi pantai wisata rohani Magekusi.

Dengan kehadiran 12 kuasi dan paroki, Yohanes tentu dengan sendiri animo umat dan para wisatawan akan semakin bertambah kedepannya. Ditambah, ada kegiatan susulan di pantai wisata rohani Magekusi dalam waktu dekat ini yaitu, kegiatan OMK se-Mutiara Utara.

“Tempat ini memang sangat strategis karena selain ada Gua Maria, pengunjung juga disugukan oleh pemandangan laut pantai magekusi yang indah”, kata pria yang akrab disapa Yan ini.

Penulis: Chen Rasi

Exit mobile version